Doa Jenazah Laki Laki Allahummaghfirlahu - buatsurat - Doa Jenazah Laki Laki Allahummaghfirlahu

Doa Jenazah Laki Laki Allahummaghfirlahu

Baca Doa Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fuanhu untuk Orang yang Meninggal

Salah satu doa yang dibaca umat Islam untuk orang yang meninggal adalah Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. Ini adalah salah satu rangkaian doa dalam doa pemakaman untuk pengampunan dan rahmat Allah.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an, setiap makhluk hidup pasti akan menemui kematian. Hal ini dinyatakan dalam bagian 26-27 surat Ar-Rahman.

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ

Artinya: Semua yang ada di bumi itu akan binasa, tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal.

Dari ayat-ayat di atas dapat disimpulkan bahwa Allah lah yang berhak mencabut nyawa semua makhluk hidup. Itulah sebabnya sebagian orang mengucapkan kalimat allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu ketika mendengar atau melihat orang sekarat.

Rafaz shalat ini juga bervariasi sesuai dengan jenis kelamin jenazah. Hal ini sesuai dengan hukum Syariah, dan ada perbedaan pengucapan doa yang dibaca untuk tubuh pria dan wanita.

Nah, berikut ini adalah Aksara Arab lengkap bacaan doa allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu dan artinya bagi tubuh pria dan wanita.

Baca doa orang mati

Dari buku Panduan Praktis Sholat dan Perawatan Tubuh karya Siti Nur Aidah dkk, doa untuk almarhum bisa dibacakan setelah takbir ketiga.

Berdoa untuk Jenazah pria

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu
Artinya: “Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah laki-laki),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”

Berdoa untuk Jenazah wanita

Untuk jenazah perempuan, ganti pengucapan hu dengan pengucapan ha sebagai berikut:
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا
Allaahummaghfirlaha warhamha wa’aafi ha wa’fu anha
Artinya, “Ya Allah! Ampunilah almarhumah (jenazah perempuan),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”
Untuk doa lengkap allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu, dikutip dari buku Islamologi oleh Maulana Muhammad Ali, adalah sebagai berikut:
للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ
Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.
Artinya: “Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka.”

Check Also

doa sholat jenazah latin dan artinya, lengkapi prosedur yang benar agar berlaku - buatsurat - Doa Sholat Jenazah Latin dan artinya, lengkapi prosedur yang benar agar berlaku

Doa Sholat Jenazah Latin dan artinya, lengkapi prosedur yang benar agar berlaku

Dalam Islam, ketika seseorang meninggal, mereka harus segera dikuburkan. Namun, sebelum dimakamkan, jenazah harus dimandikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.