- buatsurat - Cara Membuat Komik Tentang Sekolah

Cara Membuat Komik Tentang Sekolah

Mempersiapkan dan Cara Membuat Manga

Komik adalah cerita bergambar. Dalam pembuatannya, kartunis harus memiliki imajinasi dan kemampuan yang baik dalam menggambar dan bercerita.

Tidak sulit untuk berlatih membuat manga jika Anda memiliki sesuatu yang siap dan tahu cara membuatnya.

Persiapan mungkin termasuk peralatan dan subjek cerita yang akan digambar. Dan cara pembuatannya melibatkan beberapa langkah penting.

Mengutip buku Dian Marta Wijayanti Guru Zaman Now (Guruku, Sahabatku) (2017), berikut beberapa persiapan pembuatan manganya:

  • Siapkan alat yang diperlukan

Saat membuat komik, peralatan yang dibutuhkan adalah kertas gambar ukuran bebas. Bahan kertas yang biasa digunakan untuk komik adalah 80g atau 100g HVS.

Kemudian siapkan pensil, penghapus, penggaris, spidol, pensil warna atau crayon untuk mewarnai. Perangkat dapat diubah sesuai dengan keinginan kartunis.

  • Tentukan subjeknya

Karikatur adalah sebuah karya seni yang mengandung kombinasi antara huruf dan gambar. Langkah pertama dalam menggambar manga adalah menentukan tema.

Sebelum Anda mulai membuat manga, tentukan dulu tema atau konsep manga yang akan Anda buat.

Cara Membuat Manga

Setelah Anda memiliki alat dan tema komik, langkah selanjutnya adalah cara membuat komik.

Berikut penjelasan dari buku Alpha Febrianto Making Comics: The Secrets of Storytelling in Comics, Manga, and Graphic Novels (2008):

  • Tulis cerita dulu

Sebuah tema besar yang dirancang terlebih dahulu, ditulis dalam bentuk cerita yang lebih spesifik. Mulai dari plot, karakter, character building, setting dan lain sebagainya. Agar lebih mudah, susunan cerita dapat ditulis pada selembar kertas lain.

  • Nyatakan masa untuk melukis

Setelah cerita terbentuk, pilih momen atau cerita mana yang akan digambar terlebih dahulu atau tidak digunakan. Disarankan untuk menggambar dengan pensil, jika Anda membuat kesalahan, Anda dapat menghapusnya dan menggambar lagi.

  • pilihan kata

Jika sudah digambar, tulislah dialog sesuai dengan pilihan kata yang diinginkan, misalnya dalam bahasa baku atau bahasa sehari-hari. Gunakan balon dialog untuk menulis di komik, usahakan jangan terlalu besar karena bisa menutupi gambar.

  • Koreksi gambar dan teks

Jangan lupa untuk memperbaiki gambar dan tulisan kembali setelah Anda menggambar kalimat di komik. Jika ada yang salah, itu dapat dihapus dan diperbaiki lagi.

  • berikan warna yang benar

Setelah melakukan koreksi dan memastikan komik sesuai dengan yang Anda inginkan, gunakan spidol untuk menebalkan gambar dan balon dialog. Selanjutnya untuk memberikan warna yang sesuai dengan gambar manga, kamu bisa menggunakan pensil warna crayon.

 

Check Also

Surat Permohonan Kerja ‪‬dan contohnya  - Surat Permohonan Kerja       dan contohnya - contoh Surat Permohonan Kerja

contoh Surat Permohonan Kerja

Surat Permohonan Kerja – Setelah lulus sekolah atau kuliah, maka selain memilih untuk melanjutkan ke pendidikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.