- buatsurat - Info Lowongan Kerja Luar Negeri Tanpa Ijazah

Info Lowongan Kerja Luar Negeri Tanpa Ijazah

Info Lowongan Kerja Luar Negeri Tanpa Ijazah

Bagaimana peluang SD (tanpa ijazah) ke luar negeri untuk bekerja di bidang formal (kecuali ART)?

Untuk beberapa negara, mereka menerapkan persyaratan pendidikan minimum. Seperti Jepang dan Korea (minimal SMA). Namun untuk negara-negara seperti Malaysia, Arab Saudi, Taiwan, Polandia, dll tidak menerapkan aturan tersebut. Jika Anda memiliki keterampilan yang tepat, Anda dapat diterima.

Keterampilan seperti apa?

Bisa dari berbagai bidang :

  1. Konstruksi: tukang batu, tukang kayu, pipa ledeng, pengelasan. Negara dengan lowongan kerja terbanyak adalah: Malaysia, Arab Saudi, Taiwan. Kemudian Polandia. Masalahnya setidaknya Anda bisa berbahasa Inggris. Jangan khawatir tentang bahasa Inggris selama Anda bisa berbicara. Tidak mulus tidak apa-apa. Jangan berpikir Anda harus berbicara bahasa Inggris seperti seorang aktor di film Hollywood. Selama Anda bisa memahaminya, itu sudah cukup.
  2. Perhotelan selain keramahtamahan, seperti restoran, kafe, katering. Pekerjaan yang dicari biasanya: barista (barista, misalnya di kafe-kafe yang biasanya menggunakan mesin espresso), chef, baker dan baker, florist. Biasanya lowongan adalah Malaysia, Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar dan negara lainnya. Hanya 3 negara terakhir yang secara teratur menerapkan keterampilan bahasa Inggris. Bahasa Inggris baik-baik saja selama Anda dapat melakukan percakapan sehari-hari di tempat kerja. Bukan untuk debat politik atau semacamnya.
  3. Perawatan tubuh, biasanya untuk wanita. Lowongan tersebut biasanya: Makeup Artist (Makeup Artist), Hair Stylist (Penata Rambut), Spa Therapist. Biasanya lowongan seperti ini ada di Arab Saudi, Kuwait, UEA, Qatar dan Turki. Khusus untuk Turki, Kuwait, UEA dan Qatar, mereka seringkali membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris.
  4. Transportasi: Supir bus. Lowongan yang tersedia biasanya dari Arab Saudi (supir bus sekolah agama atau sopir bus umrah di akhir pandemi yang dapat tip dua kali gaji pokok), Kuwait (bus kota) atau kemudian Polandia (supir trailer). Khusus untuk Kuwait dan Polandia, mereka biasanya mengharuskan pelamar untuk dapat berbicara bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

Bagaimana cara memperoleh keterampilan seperti itu?

Ini mungkin berbeda: terutama dari pengalaman kerja di Indonesia. Atau juga kursus. Selama Anda lulus ujian, Anda diterima.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki keterampilan sama sekali? Ya, bersiaplah untuk memulai dari bawah. pembersih, tukang kayu. sabar. Dan bersiaplah untuk gaji terendah dan biaya penempatan tertinggi. Karena kategori unskilled worker sangat-sangat kompetitif. Berkembang hanya di Indonesia. Dan di negara lain juga: Filipina, India, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Pakistan, Mesir, dan negara-negara Afrika. Jika suatu saat Anda bertemu dengan pekerja tidak terampil dari negara-negara tersebut, tanyakan saja kepada mereka berapa biaya untuk mendapatkan kesempatan itu.

Jika Anda mulai dari bawah, dapatkah Anda naik satu tingkat? Tergantung di mana Anda ditempatkan. Misalnya, jika Anda bekerja di restoran, jangan terlalu terpaku pada gaji atau energi Anda jika diminta untuk membantu memasak di dapur. Dari pengalaman pribadi, kami pernah menempatkan penjaga pintu di kedai kopi dengan bayaran terendah di Arab Saudi. Saat itu gajinya hanya 1.000 riyal. Setelah 3 tahun, dia datang kepada kami lagi untuk melamar tukang roti (baker), dan mendapat gaji ganda tidak termasuk uang lembur. Dan dia baru saja lulus dari sekolah dasar. Terakhir dia berlibur dan menjenguk kami, katanya gajinya 2.700 riyal dan lemburnya sekitar 3.200 rial (uang kami 12 juta rupiah). Kamu bisa hemat 7-8 juta per bulan setelah belanja makan, pulsa, sabun dan kebutuhan lainnya. kelulusan sekolah dasar!

Lebih buruk lagi, seorang penata rias non-Muslim bekerja di Riyadh. Tidak tamat sekolah dasar. Saya hanya pernah mengikuti kursus di salah satu jaringan salon terkenal di negara saya. Gaji awal, sekitar 2000 riyal. Tidak lancar. Masalah di tempat kerja di Arab Saudi. Tapi karena dia resmi mengundurkan diri, dia punya kontrak kerja, agensinya bagus, masalahnya selesai, dan karena perusahaannya dihukum, Kementerian Sumber Daya Manusia Saudi memberinya visa kerja gratis. Mengganti pekerjaan. Tapi salon berikutnya bangkrut. Hanya visa kerja yang masih berlaku. Jadi dia masih bisa bekerja. Itu hanya kesempatan baginya, karena dalam pekerjaannya ia terbiasa berurusan dengan klien yang cerewet dan juga memahami selera wanita Arab Saudi. Sekarang dia hanya bekerja di akhir pekan. Dari pintu ke pintu menghasilkan rata-rata 10.000 riyal (37 juta rupiah) per bulan!

Bagi yang sudah bekerja dan ditempatkan, pada saat berganti pekerjaan, wajib memberikan surat pengalaman kerja. Dokumen ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan.

Orang yang pernah mengikuti diklat, diklat, kursus dan memperoleh sertifikat, apalagi jika sertifikat tersebut dikeluarkan oleh instansi pemerintah seperti BNSP atau lembaga ternama seperti Sekolah Rudi Hadisuwarni, Puspita Martha atau bahkan lembaga asing yang menyelenggarakan pelatihan tersebut. di sini, pada dasarnya Semua adalah lembaga pelatihan terkenal, dan sertifikat mereka dapat digunakan sebagai referensi kami. Artinya, jika Anda melamar posisi yang tepat. Alih-alih meminta Anda melamar menjadi koki, lampirkan sertifikat las dari BLK. Ya itu tidak terhubung. Untuk mendapatkan kredensial mereka, rata-rata, tidak diperlukan kredensial pendidikan formal.

Jadi, sekali lagi. tergantung pada Anda. Gelar bukanlah segalanya. Tingkatkan keterampilan Anda. Itulah intinya! sederhana? tentu saja tidak! Tapi bukan tidak mungkin.

Check Also

Resume Kerja begini cara membuat resume kerja menurut hrd - Resume Kerja        - Begini cara membuat Resume Kerja menurut HRD

Begini cara membuat Resume Kerja menurut HRD

Begini cara membuat Resume Kerja menurut HRD ‪‬ – Jika kalian adalah orang pelamar kerja, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.