ciri teks biografi menurut tujuannya adalah - buatsurat - ciri teks biografi menurut tujuannya adalah

ciri teks biografi menurut tujuannya adalah

Biografi adalah tulisan yang berisi riwayat hidup, pengalaman, dan kisah sukses seseorang.

Biografi adalah biografi yang ditulis oleh orang lain. Oleh karena itu, tulisan yang memuat riwayat hidup, pengalaman, hingga kisah sukses seseorang disebut sebagai teks biografi.

Umumnya biografi menampilkan orang-orang terkenal, orang-orang sukses, atau orang-orang yang pernah berperan penting dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan banyak orang.

Membaca biografi akan memperkaya wawasan dan menjadi panutan sehingga dapat menjalani hidup dengan baik dan mengisi hidup dengan tulisan yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Tujuan lain dari teks biografi adalah untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang semua aspek karakter.

Mungkin ini adalah gambaran kecil dari makna teks biografi. rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, untuk pemahaman dan pemahaman yang lebih dalam dan jelas tentang teks biografi, Anda dapat membaca fitur, struktur, dan contoh berikut.

Ciri-ciri dan kaidah kebahasaan teks biografi.

Ciri-ciri teks biografi.

1. Isi teks biografi menceritakan kisah atau perjalanan hidup seseorang.

2. Gunakan beberapa elemen bahasa seperti konjungsi, kata referensi, kata kerja, waktu, kegiatan, dan tempat.

3. Teks biografi dapat disajikan dalam bentuk fiksi atau nonfiksi.

4. Teks biografi disajikan dalam pola tertentu sesuai dengan alur cerita, terutama alur ke depan, sudut pandang cerita, gaya penulisan, fokus cerita, penggunaan bahasa, dll.

5. Bagian-bagian dalam teks biografi bersifat deskriptif dan naratif.

6. Teks biografi pada umumnya disusun menurut struktur tertentu, seperti positioning, peristiwa atau peristiwa penting, repositioning, dan lain-lain.

7. Uraian langsung atau tidak langsung tentang watak tokoh dalam teks biografi.

8. Pola perkembangan teks biografi disusun secara kronologis.

Aturan linguistik untuk teks biografi.

Teks biografi dapat dipahami dengan kaidah bahasa yang digunakan. Pada umumnya teks biografi menggunakan beberapa kaidah kebahasaan utama, seperti penggunaan jenis kata dalam bahasa Indonesia, seperti kata ganti, kata sambung atau konjungsi, kata ganti rujukan atau referensial, kata kerja, kalimat tunggal, kata sifat, dan kata keterangan.

Struktur teks biografi.

– Arah atau setting (target).

Berisi deskripsi awal tokoh atau pelaku dalam teks biografi umum. Dengan kata lain, arahan berisi informasi tentang konteks cerita atau peristiwa yang akan diceritakan untuk membantu pendengar atau pembaca. Informasi yang dimaksud biasanya tentang siapa, kapan, dimana dan bagaimana.

– Tonggak atau peristiwa terdiri dari urutan kronologis peristiwa yang mencakup peristiwa utama yang dialami karakter.

Bagian ini juga memaparkan hal-hal menarik, mengesankan, mengejutkan, mengharukan yang dialami oleh tokoh atau aktor dan komentar narator pada beberapa bagian.

– temukan kembali.

Berisi komentar evaluatif atau pernyataan penutup tentang rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Singkatnya, repositioning berisi pandangan pengarang terhadap tokoh yang diceritakan. Reposisi adalah opsional karena mungkin atau mungkin tidak ada dalam teks biografi.

Langkah-langkah menulis teks biografi.

1. Kumpulkan informasi dasar tentang tokoh yang akan diceritakan, mulai dari nama, jika ada, tanggal lahir, nama orang tua, dan sejarah singkat tokoh.

2. Menggali data dan informasi terkait peran dari berbagai sumber.

3. Urutkan dan pilih data dan informasi yang dibutuhkan.

4. Mengolah semua data dan informasi yang diperlukan untuk menyusun teks biografi.

5. Saat menulis teks biografi, ikuti aturan bahasa dan gabungkan semua informasi dalam kalimat yang koheren dan masuk akal.

6. Menyusun ringkasan teks biografi yang akan dibangun.

7. Menurut struktur teks biografi, tulislah ringkasan teks biografi, yaitu menyusun bagian pemandu, mengurutkan semua peristiwa yang dialami tokoh, dan menulis atau menyampaikan pendapat pengarang tentang tokoh yang diceritakan.

Contoh teks biografi.

Kartunis global Indonesia Ardian Syaf.

Ardian Syaf (31) adalah seorang kartunis sederhana yang memilih tinggal bersama istri dan satu anaknya di kampung halamannya di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan, Tulongagung. Berasal dari kampung halamannya, karyanya, demikian ia akrab, mampu merambah dunia. Bahkan, penerbit raksasa Amerika DC Comics menawarinya kontrak eksklusif untuk bekerja sebagai seniman pensil. Itu berarti dia tidak diperbolehkan membuat ilustrasi di luar DC Comics.

Tentu saja, Aan tidak melakukan semuanya dengan enteng. Lulus dari Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang pada tahun 2004, dan bekerja sebagai layout designer dan ilustrator untuk sebuah publikasi.

Sejak 2005, ia melamar menjadi ilustrator untuk Penerbit Dunia dengan memposting lamaran kerja di berbagai situs web. Jangan lupa sertakan ilustrasinya dengan lamarannya. Namun, tidak butuh waktu lama baginya untuk mendapatkan pesanan, dan itu sia-sia. Namun, ia tetap berkomitmen untuk itu hanya untuk mengasah keterampilan menggambarnya.

Perlahan, Ardian mulai mendapatkan pesanan kecil, sekitar $25 per halaman. Upah yang rendah membuatnya putus asa dan ingin bekerja di kota besar.

Sikap profesional.

Ann kemudian mendapat kabar dari penulis Irlandia Katie bahwa sebuah penerbit di AS sedang mencari ilustrator komik untuk proyek komik bernama The Dresden File. Ia langsung mengajukan lamaran dengan melampirkan karya terbaiknya.

Keesokan harinya, dia segera mengkonfirmasi bahwa dia akan menandatangani kesepakatan eksklusif dengan penerbit Amerika Dabell Brothers untuk sekitar 12 volume, masing-masing setebal 22 halaman. Dia membuat buku seharga $100 per halaman selama sebulan.

Menurut Aan, menjadi ilustrator untuk penerbit asing membutuhkan sikap profesional, apalagi mereka sangat padat dengan jadwal. Dalam satu hari, Aan harus menyelesaikan satu halaman. Aan mengakui bahwa menyelesaikan satu halaman sehari bukanlah pekerjaan yang berat, karena naskahnya ditulis oleh Mark Powers dan gambar yang harus dia hasilkan secara konseptual sangat detail.

Karyanya terlepas dari deskripsi yang ditulis oleh penulisnya, yang kemudian ia terjemahkan ke dalam bahasa gambar. Jelas, penerbit menyukai karakter lukisan itu.

Semakin lama, semakin dewasa citra An An. Dan, dia sangat menyukai pekerjaannya. Dia mampu menyelesaikan proyek pertama dengan baik. Ann bangga mengetahui bahwa “The Dresden File” menduduki peringkat keempat komik terlaris dan bahkan dinominasikan untuk Penghargaan Komik Amerika. Otomatis, nama Ardian terangkat. Sayangnya, penerbit Dabell Brothers bangkrut.

Meski begitu, Ardian Syaf menggertakkan giginya untuk menjadi ilustrator yang mumpuni. Dikatakannya, penerbit buku komik di dunia tampak luas, tetapi sebenarnya sempit. Ilustrator yang sangat baik untuk satu penerbit, mudah dikenali oleh penerbit lain. Inilah yang terjadi pada Arne. Setelah meninggalkan Dabel Brother, Aan diajak bergabung oleh sebuah agensi yang berbasis di Spanyol.

Agensi membuat gambar Aan tersedia untuk penerbit di Amerika Serikat. Hasilnya tidak ada kompromi, dan Aan mendapat kontrak Marvel. Dia mengerjakan komik superhero X-Men. Ini benar-benar tidak terduga.

Selanjutnya, ia mendapat tawaran dari DC Comics. Dia pernah bekerja di JLA dan Titans. Dia juga berpartisipasi dalam penciptaan pahlawan super legendaris dunia seperti komik “Superman”, “Batman”, “Green Lantern”, “Aquaman”.

Penghargaannya berkisar dari $200-$350. Dia juga menerima kontrak eksklusif selama dua tahun seharga $235 per halaman. “Kontraknya akan berakhir tahun ini, dan saya berharap untuk menandatangani kembali di masa depan.”

Bahkan, penerbit sering meminta Aan untuk mengikuti acara komik di Amerika Serikat. Di sana, acara komik diadakan setiap tahun. Seringkali, pencipta dipamerkan untuk tujuan meluncurkan komik atau penandatanganan buku.

Tahun lalu, Aan sebenarnya diundang ke Afrika Selatan untuk acara komik internasional. Uniknya, Aan tidak pernah mengindahkan ajakan tersebut. “Aku lebih suka tinggal di desa,” katanya pelan. Ketika kontrak eksklusifnya habis, dia membuat komik lokal.

Check Also

persyaratan membuat lamaran pekerjaan persyaratan membuat lamaran pekerjaan - buatsurat - Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Setiap perusahaan memiliki persyaratan membuat lamaran pekerjaan yang berbeda-beda. Lalu apa saja syarat umum untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.