cara mengaktifkan bpjs kesehatan - buatsurat - Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan

Lihat cara aktivasi BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif agar bisa mengurus SIM, STNK untuk jual beli tanah

Kini BPJS Kesehatan akan digunakan sebagai persyaratan dokumentasi untuk menangani berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan SIM, STNK hingga jual beli tanah. Oleh karena itu, bagi peserta yang tidak aktif harus mengetahui terlebih dahulu cara aktivasi BPJS Kesehatan.

Cara mengaktifkan BPJS Kesehatan yang sudah meninggal sebenarnya cukup sederhana. Anda tidak perlu bingung karena Suara.com akan menunjukkan langkah-langkahnya di bawah ini.

BPJS Kesehatan adalah jaminan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Untuk terus menerima manfaat, komunitas perlu membuat akun, membayar iuran per kelas, dan tetap aktif. Tapi bagaimana cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan jika sudah tidak aktif lagi?

Nah, ternyata ada program yang melakukan ini. Hal ini diatur dalam Pasal 21(8) Menteri Sosial tahun 2019. Kurang lebih seperti ini.

Cara mengaktifkan kembali BPJS kesehatan

Berikut cara aktivasi BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif:

  1. Hubungi BPJS Kesehatan Pusat di 165, atau ngobrol langsung dengan Asisten JKN, atau langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk status kepesertaan.
  2. Membawa Kartu JKN-KIS atau BPJS Kesehatan, Kartu Keluarga dan E-KTP untuk melapor ke dinas sosial setempat.
  3. Menurut dokumen kependudukan ini, Dinas Sosial akan menerbitkan surat keterangan kepada Kepala Dinas Kesehatan BPJS setempat untuk permohonan pengaktifan kembali kepesertaan BPJS Kesehatan dan permohonan pelayanan kesehatan.
  4. Setelah pengaktifan kembali, Anda dapat kembali ke fasilitas medis atau rumah sakit pertama dan melaporkan melalui sistem bahwa kartu telah diaktifkan.
  5. Jika kepesertaan dibatalkan, dokumen kependudukan dibawa ke dinas sosial setempat untuk diproses sehingga dapat didaftarkan dalam Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial.

Simpel dan praktis kan aktivasinya saat BPJS Kesehatan sedang tidak aktif? Anda dapat menjalankan metode ini bila Anda memiliki file residen yang diperlukan, yang merupakan syarat dari pengaturan ini.

Manfaat BPJS Kesehatan

Seperti yang kita ketahui bersama, BPJS Kesehatan telah membawa manfaat yang begitu besar bagi masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, upaya pemerataan fasilitas sanitasi dan akses pelayanan yang diberikan akan terus dilakukan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakannya.

Perawatan medis gratis, perawatan medis dengan biaya terendah, keamanan jaring pengaman sosial yang dimiliki oleh masyarakat luas, semuanya dengan biaya yang kecil.

Itulah beberapa informasi cara aktivasi BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif lagi. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, begitu juga dengan ilmu baru. Tetap sehat dan selamat beraktivitas kembali.

Check Also

Surat Permohonan Kerja ‪‬dan contohnya  - Surat Permohonan Kerja       dan contohnya - contoh Surat Permohonan Kerja

contoh Surat Permohonan Kerja

Surat Permohonan Kerja – Setelah lulus sekolah atau kuliah, maka selain memilih untuk melanjutkan ke pendidikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.