syawal jumat - buatsurat - Khutbah Jum’at Syawal: Jaga Persahabatan dalam Islam

Khutbah Jum’at Syawal: Jaga Persahabatan dalam Islam

Khutbah Syawal Jum’at: Jaga Silaturahmi dalam Islam

Tema khutbah jumat di bulan syawal ini adalah bagaimana menjaga silaturahim dalam islam meskipun hari raya idul fitri telah berakhir.

Bismillaahirrahmaanirraahiim,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

الحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَاْلمُرْسَلِيْنَ، إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ﷺ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَبَعْدُ

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah,

Alhamdulilah hari ini kita dipertemukan kembali dalam sholat berjamaah dan khutbah jumat, ini masih awal syawal, insya Allah pertemuan ini mendapat Rahmat Allah SWT. Amin Robar ‘Alamin.

Khotbah Jumat Syawal

Setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan, bulan Syawal menjadi bulan kemenangan bagi umat Islam.

Puasa sebulan adalah untuk menghindari rasa lapar, haus, makan atau minum, serta menghindari segala perilaku yang dapat membatalkan puasa.

Sekarang kita telah merayakan Idul Fitri dan kita semua merayakan hari kemenangan, rahim Ramadhan diharapkan dapat melahirkan tokoh-tokoh dan tokoh-tokoh Muslim yang telah berjaya dan berhasil baik secara spiritual maupun emosional.

Di bulan Syawal ini yang juga merupakan waktu untuk merayakan Idul Fitri, kita dianjurkan untuk menjalin silaturrahmi seperti Rasulullah SAW.

Silaturahmi merupakan hal yang penting dalam Islam, dan karena pentingnya itu, silaturahim diposisikan sebagai amalan yang paling cepat membalas dan kebaikan.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang bermakna:

“Sesuatu yang cepat mendatangkan kebaikan ialah pahala kebajikan dan silaturahim, dan yang paling cepat mendatangkan kejelekan adalah perkara buruk dan memutuskan hubungan (keluarga) silaturrahim.” (HR. Ibnu Majah).

Bahkan bagi siapa saja yang rajin bersilaturahmi, maka ia bisa mendapatkan kelapangan rezeki dan dipanjangkan umurnya:

“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Selagi kita masih di bulan Showall dan liburan yang cukup panjang, yuk ajak kita untuk tetap bersilaturahmi dengan keluarga, tetangga, sahabat dan rekan dekat maupun jauh.

Apalagi bagi mereka yang berada di kampung halaman, situasi ini tentu menjadi waktu yang tepat untuk tetap bersilaturahmi. Kami akan menerima banyak berkah karena mencoba untuk tetap terhubung. Namun, tetap terhubung tidak boleh dibatasi pada waktu tertentu.

Meski liburan telah usai, bukan berarti kewajiban untuk bersilaturahmi telah usai.

Mengutip dari laman NU Online, hadits di atas memperjelas bahwa silaturahim itu penting.

Oleh karena itu, barang siapa yang menolak dan membenci berbagai nasehat dan nasehat agama berdasarkan syariat Nabi Muhammad SAW, maka orang tersebut akan menjadi pengikut setia hawa nafsunya, menyembunyikan dendam, egoisme dan kepentingan pribadinya dengan berbagai alasan.

Allah SWT berfirman:

اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَةٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَيۡنَ اَخَوَيۡكُمۡ ‌ۚ‌وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ

Innamal mu’minuuna ikhwatun fa aslihuu baina akhawaykum wattaqul laaha la’allakum tuhamuun

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat: 10)

Dalam ayat ini, Allah menjelaskan bahwa orang-orang beriman sebenarnya bersaudara, seperti saudara di antara nasab, karena mereka semua memiliki unsur iman yang sama dan kekal di surga.

Dalam sebuah hadis sahih Rasulullah SAW bersabda:

“Muslim itu adalah saudara muslim yang lain, jangan berbuat aniaya dan jangan membiarkannya melakukan aniaya. Orang yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah membantu kebutuhannya. Orang yang melonggarkan satu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah melonggarkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesuliannya pada hari Kiamat. Orang yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi kekurangannya pada hari Kiamat. (Riwayat al-Bukhari dari ‘Abdullah bin ‘Umar)

Kemudian pada hadis sahih yang lain dinyatakan: “Apabila seorang muslim mendoakan saudaranya yang gaib, maka malaikat berkata, “Amin, dan semoga kamu pun mendapat seperti itu.” (Riwayat Muslim dan Abu ad-Darda’).

Sebagai persaudaraan membawa kedamaian, Allah menganjurkan agar saudara-saudara seagama harus bekerja keras seperti perdamaian antara saudara dan saudari, dan untuk menjaga ketaqwaan kepada Allah, salah satu cara untuk melanjutkan persaudaraan adalah dengan menjaga persahabatan.

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah,

Perselisihan antara orang yang dicintai sering muncul karena berbagai alasan, yang mungkin karena pilihan yang berbeda, prinsip yang berbeda, atau bahkan masalah keuangan.

Bahkan, perselisihan juga bisa tercipta karena hal sepele. Namun, Allah SWT melarang kita untuk memutuskan tali persaudaraan.

Jadi, dalam Islam, salah satu bentuk hikmah atau makna yang bisa diambil untuk tetap menjalin silaturahmi adalah silaturahim bisa menghilangkan perselisihan yang sedang berlangsung.

Misalnya saat kita bersilaturahmi, kita saling menyapa, yang tentunya memungkinkan adanya masalah atau perselisihan yang diharapkan dapat diselesaikan dengan baik.

Dengan cara ini, diharapkan siapa pun yang mencoba menjalin hubungan akan menerima rahmat dan pengampunan dari Allah SWT sebagai imbalan atas upaya damai dan saleh.

Dari ayat 10 Surat Al-Hujurat di atas, juga dapat dipahami bahwa menengahi pihak-pihak yang bertikai membutuhkan kekuasaan sebagai penengah.

Rahmat juga akan diberikan kepada mereka yang berusaha mendamaikan dua saudaranya yang bermusuhan atau bermusuhan, karena ia secara langsung takut kepada Allah SWT dengan menjalankan perintahnya, termasuk mendamaikan dua kelompok yang saling bermusuhan.

Bapak-bapak Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah SWT

kali ini adalah khutbah Jum’at, semoga kita semua mendapat manfaat dari apa yang disampaikan, dan semoga Allah SWT selalu meridhoi dan meridhoi segala yang kita lakukan, Aamiin allahumma aamiin.

Check Also

persyaratan membuat lamaran pekerjaan persyaratan membuat lamaran pekerjaan - buatsurat - Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Setiap perusahaan memiliki persyaratan membuat lamaran pekerjaan yang berbeda-beda. Lalu apa saja syarat umum untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.