contoh khutbah jum'at syawal keutamaan dan amalan yang bisa dilakukan - buatsurat - Contoh Khutbah Jum’at Syawal Keutamaan dan Amalan Yang Bisa Dilakukan

Contoh Khutbah Jum’at Syawal Keutamaan dan Amalan Yang Bisa Dilakukan

Contoh Khutbah Jum’at Syawal Keutamaan dan Amalan Yang Bisa Dilakukan

Apakah Anda mencari contoh khutbah Jumat Chauval? Jika iya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Tema khutbah Jum’at Chauval umumnya tidak jauh dari keistimewaan bulan ini setelah Ramadhan. Nah, contoh khutbah jumat chauval dibawah ini juga tentang keutamaan dan amalan yang bisa anda lakukan di chauval.

Hari ini (5 Juni 2022) adalah hari Jumat pertama bulan Syawal 1443 H. Laki-laki Muslim diwajibkan untuk melaksanakan shalat Jum’at dan mendengarkan khutbah.

Khutbah jumat merupakan salah satu rukun salat jumat dan tidak boleh ditinggalkan. Contoh khutbah jumat ini juga ingin mengingatkan umat Islam untuk terus beribadah kepada Allah SWT.

Hadirin jama’ah jum’at rahimakumullah.

Ada sebuah perkataan yang disimpulkan oleh Ibnu Rajab Al-Hambali dalam Lathaif Al-Ma’arif dan Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim dari tafsir surat Al-Lail, juga kaidah ini disampaikan oleh ulama lainnya. Mereka berkata,

“Sesungguhnya pahala kebaikan termasuk berbuat baik. Pahala kejahatan adalah kejahatan berikutnya.”

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa kebaikan sebenarnya adalah kebaikan yang selalu kita ulangi ketika kita melakukannya, dan ciri dari praktik buruk adalah apakah itu berlanjut ke hal buruk berikutnya.

Hal tersebut tentunya mengingatkan kita pada bulan Ramadhan, dimana setiap hambanya selalu berebut untuk berbuat kebaikan. Jadi kita harus terus melakukan perbuatan baik untuk beberapa bulan ke depan, termasuk bulan Showal, bulan kesepuluh dalam penanggalan Hijriah.

Salah satu amalan yang bisa kita lakukan di bulan Showal ini adalah berpuasa di bulan Showal. Sebagaimana Nabi Muhammad (SAW) menasihati kita untuk berpuasa selama 6 hari di bulan Syawar.

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian berpuasa selama 6 hari di bulan Chauvar, maka ia seperti puasa sepanjang tahun” (HR Muslim)

Selain itu, ada puasa yang bisa dilakukan sepanjang tahun, yaitu puasa sunnah tiga hari (al-ayyam al-bidh) pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya, serta beberapa puasa sunnah lainnya.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Selama Ramadhan, kami suka melakukan shalat tarawih. Meskipun shalat tarawih tidak lagi dilakukan di bulan Syawal, namun sebenarnya kita tetap dianjurkan untuk melaksanakan shalat malam seperti yang disabdakan Nabi SAW.

“Semoga Allah merahmati suami yang bangun pada suatu malam, kemudian dia shalat dan membangunkan istrinya, dan jika istrinya menolak, dia memercikkan air ke wajahnya, semoga Allah merahmati istri yang bangun pada suatu malam, maka dia shalat dan membangunkan suaminya, dan jika suaminya menolak, dia akan memercikkan air ke wajahnya. Wajahnya” (HR. Abu Dawud).

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah mengingatkan umatnya bahwa dahulu kala rajin shalat malam kini telah tiada

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku:

“Wahai Abdullah, jangan seperti A. Dulu dia shalat malam, tapi sekarang tidak lagi” (Bukhari, No. 1152)

Jadi jangan sia-siakan bulan Syawal tanpa melanjutkan hal-hal baik yang kita lakukan bulan lalu.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Demikian khutbah jumat singkat ini. Semoga khutbah ini mengingatkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

Mari kita renungkan intisari khutbah jumat ini. Keutamaan bulan Chauval juga tidak boleh dilewatkan. Juga, Jumat ini bertepatan dengan awal bulan Chauvar setelah akhir Ramadhan.

Semoga kita semua diberkati dan dilindungi oleh Allah SWT dengan melakukan beberapa amalan di bulan Syawal.

Berikut adalah contoh khutbah jumat di bulan syawal yang bisa anda gunakan untuk sholat jumat

Check Also

persyaratan membuat lamaran pekerjaan persyaratan membuat lamaran pekerjaan - buatsurat - Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Setiap perusahaan memiliki persyaratan membuat lamaran pekerjaan yang berbeda-beda. Lalu apa saja syarat umum untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.