hepatitis - buatsurat - Penasaran kenapa hepatitis akut disebut misteri? Baca ini

Penasaran kenapa hepatitis akut disebut misteri? Baca ini

Tampaknya tidak ada penyebab yang jelas dari hepatitis akut yang telah melanda banyak negara dan masuk ke Indonesia. Hal ini membuat banyak orang khawatir dengan munculnya penyakit tersebut.

Laporan dari berbagai negara menunjukkan bahwa hal ini terjadi pada anak usia 1 bulan hingga 16 tahun. Tanda-tanda klinis dari kasus hepatitis akut adalah peningkatan enzim hati, sindrom ikterus akut (jaundice), dan gejala gastrointestinal (nyeri perut, diare, dan muntah). Dalam kebanyakan kasus, tidak ada gejala demam.

Penyebab penyakit tidak diketahui. Tes laboratorium dilakukan di luar negeri dan tidak ditemukan virus hepatitis A, B, C, D dan E sebagai penyebab penyakit tersebut.

Ahli epidemiologi Dicky Budiman dari Griffith University menjelaskan bahwa hepatitis akut adalah infeksi hati sementara/berlangsung sekitar 2 minggu hingga satu bulan. Ada juga hepatitis kronis, yang infeksinya dapat merusak hati.

“Saat ini penyebab dari apa yang disebut hepatitis misterius, termasuk mekanisme atau patofisiologinya, belum pasti,” kata Dickey kepada CNBC Indonesia, Jumat (5 Juni 2022).

“Apakah hepatitis akut lebih berbahaya, kami belum bisa menjawabnya,” tambahnya.

Namun, dengan jumlah kasus global di bawah 250, kurang dari 20 pasien membutuhkan transplantasi dan satu meninggal. Menurut Dikcy, ini sudah menjadi tanda bahaya.

“Makanya dunia dan negara harus menjadi perhatian. Karena secara keseluruhan, dalam situasi seperti ini, apalagi penyakit baru, yang terdeteksi hanyalah puncak gunung es,” ujarnya.

Check Also

persyaratan membuat lamaran pekerjaan persyaratan membuat lamaran pekerjaan - buatsurat - Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Persyaratan Membuat Lamaran Pekerjaan

Setiap perusahaan memiliki persyaratan membuat lamaran pekerjaan yang berbeda-beda. Lalu apa saja syarat umum untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.