cara membuat resume kerja fresh graduate cara membuat resume kerja fresh graduate - cara membuat resume kerja fresh graduate - cara membuat resume kerja fresh graduate
cara membuat resume kerja fresh graduate

cara membuat resume kerja fresh graduate

cara membuat resume kerja fresh graduate – Saat menulis resume pertama Anda, Anda mungkin merasa kewalahan dengan banyaknya informasi di luar sana. Kami merasakan perasaan Anda. Mungkin sulit untuk memutuskan trik mana yang akan diterapkan dan mana yang harus diabaikan. Namun detail terkecil dapat mempengaruhi keseluruhan pesan dan kesan di mata seorang perekrut. Untuk membantu Anda menulis resume yang lebih baik, kami telah mengumpulkan 10 tips penting resume yang kuat untuk lulusan baru:

#1 Gunakan bahasa sederhana yang jauh dari jargon dan istilah yang sulit kecuali benar-benar diperlukan. Semakin mudah resume Anda untuk dipahami, semakin sedikit usaha yang dibutuhkan perekrut untuk membaca seluruh resume. Di sisi lain, resume yang ditulis dengan buruk atau yang penuh dengan bahasa yang bombastis dan sangat teknis akan segera ditolak. Ingat, profesional SDM bukanlah teknisi. Mereka mungkin memiliki pemahaman umum tentang keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi teknis, tetapi mereka bukan ahli di bidangnya. Jadi, jika Anda ingin resume Anda masuk daftar pendek, pertahankan bahasa yang sederhana dan mudah dibaca.

#2 Tetap relevan. Sebagai lulusan baru, Anda mungkin tidak memiliki banyak pengalaman yang relevan untuk dimasukkan dalam resume Anda. Di sini Anda harus memasukkan kegiatan ekstrakurikuler sekolah, serta kerja sukarela atau magang untuk menunjukkan keterampilan sosial, komunikasi, dan kepemimpinan. Saat menulis tentang kegiatan ekstrakurikuler dan magang, Anda harus menjelaskan dan menunjukkan relevansi atau relevansi pengalaman Anda dengan posisi yang Anda lamar. Jadi selalu sesuaikan resume Anda dengan lamaran pekerjaan tertentu.

# 3 Buat sesuai dengan bidang keahlian. Selain menyesuaikan resume sehingga tidak terbaca seperti surat biasa dengan menunjukkan keahlian dan atribut kamu kepada siapa pun yang akan mendengarkan atau membacanya, resume kamu juga perlu menunjukkan kepribadian kamu. Di bagian inilah ringkasan (summary) resume kamu dapat disusun dengan baik dan membuat perbedaan. Lihat cara membuat resume lamaran kerja yang baik untuk mendapatkan inspirasi.

#4 Mulailah resume Anda singkat dan menarik.  Beberapa orang berpikir bahwa semakin banyak informasi yang terkandung dalam resume, semakin mengesankan. Di sisi lain, itu sebenarnya “kurang lebih”. Ini adalah salah satu situasi di mana kualitas lebih penting daripada kuantitas. Tapi jangan anggap enteng. Menurut majalah Time, “Rata-rata perekrut menghabiskan enam detik untuk meninjau resume.” Enam detik. Berapa banyak informasi yang menurut Anda dapat Anda baca dan cerna dalam enam detik itu? Satu hal yang pasti, perekrut akan memindai resume Anda untuk alasan membacanya untuk kedua kalinya.

#5 Mulailah dengan “mengapa”. Pertanyaan paling penting untuk dijawab di resume adalah, “Mengapa Anda orang yang tepat untuk pekerjaan ini?” Peran resume adalah untuk menangkap minat dan rasa ingin tahu perekrut untuk bertemu langsung dengan Anda. Ini adalah alasan lain untuk menyertakan ringkasan resume yang ditulis dengan baik di bagian atas resume Anda yang memberikan gambaran yang jelas dan terfokus. Ini harus meringkas “mengapa” Anda dalam beberapa kalimat pendek.

#6 Demo adalah kuncinya. Selain video binatang lucu dan situs jejaring sosial yang membuat ketagihan, Internet telah membawa kita ke dunia online yang menawarkan alat gratis yang tak terhitung jumlahnya, termasuk templat resume berkualitas tinggi yang dapat diunduh secara gratis. Lebih baik lagi, sekarang Anda dapat menyesuaikan template resume yang didesain secara profesional di Canva dan mengunduhnya secara gratis setelah selesai (contoh resume tersedia di akhir artikel ini). Dengan semua alat luar biasa yang tersedia, tidak ada lagi alasan untuk mengirimkan resume yang terlihat seperti dari tahun 90-an. Jika Anda ingin dianggap serius, resume Anda harus terlihat bagus.

#7 Digitalisasi. Tunjukkan kepada perekrut bahwa Anda paham teknologi dan relevan. Sebagai permulaan, simpan resume Anda sebagai file PDF dan gunakan hyperlink sebagai referensi langsung dan mudah digunakan untuk informasi pendukung, yang dapat membantu mengurangi jumlah kata di resume Anda. Memiliki portofolio online berupa website atau blog yang cocok untuk karir Anda pasti akan membantu Anda menonjol dari kandidat lainnya. Atau, selalu ada opsi untuk membuat portofolio digital dengan menyimpan dokumen dan file terkait di perangkat penyimpanan ringan menggunakan layanan gratis seperti Dropbox dan Google Drive.

#8 Sorot pencapaian Anda. Semakin spesifik resume Anda, semakin baik. Hindari pernyataan dan frasa yang tidak jelas seperti “keterampilan komunikasi yang baik” atau “berorientasi pada hasil”. Jelaskan skenario spesifik di mana Anda menerapkan keterampilan dan atribut Anda dan (jika relevan) mencapai hasil yang jelas. Misalnya, “Menghabiskan 6 bulan mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak kurang mampu di Phnom Penh, Kamboja, dengan fokus pada keterampilan percakapan dan sosial mereka.”

#9 Gunakan alat pengeditan gratis. Jika Anda belum melakukannya, mulailah berlatih setiap hari. Selalu periksa tulisan Anda untuk ejaan, dan periksa tata bahasa Anda. Untuk dokumen atau laporan tertulis yang sangat penting, pastikan teks Anda jelas dan ringkas. Tidak ada alasan untuk menulis sembarangan dengan semua alat gratis yang tersedia.

#10 Posisikan diri Anda sebagai pembaca. Yang terpenting adalah selalu memposisikan diri sebagai pembaca. Ini membutuhkan tingkat objektivitas, yang bisa jadi menantang, tetapi mempertahankan sudut pandang objektif akan memungkinkan Anda untuk melihatnya melalui mata pembaca. Jika Anda merasa sulit untuk bersikap objektif, mintalah beberapa teman untuk membaca resume Anda dan beri tahu mereka pendapat mereka. Resume Anda harus bisa “berbicara” dengan perekrut, tidak membuat mereka tertidur (sayangnya, kebanyakan resume).

berikut contoh membuat resume kerja sebagai insvirasi kamu mengerjakan resume:

Jakarta, 4 Agustus 2021

[Sesuaikan tanggal dan tempat penulisan resume]

Perihal: Lamaran Kerja

Kepada Yth.,

HRD Manager PT [Nama Perusahaan]

Jl. [Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Berdasarkan Informasi dari [dari mana kalian mendapatkan informasi lowongan ini] bahwa pada tanggal 1 Agustus 2021 [sesuaikan tanggalnya], PT [nama perusahaan] membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai [sesuaikan posisi yang hendak kalian lamar] di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama:
Tempat dan Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Pendidikan Terakhir:
Alamat:
Telepon:
[Tambahkan informasi lain apabila diperlukan]

Saat ini saya dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani. Saya juga memiliki pengalaman di posisi tersebut [sesuaikan], memiliki kemampuan bahasa Inggris [sesuaikan bahasa asing atau kemampuan apa yang kalian kuasai] yang fasih, dan bisa bekerja, baik secara mandiri maupun secara tim.

Adapun berikut saya lampirkan kelengkapan data diri yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

  1.   Foto Ukuran 3 x 4
  2.   Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3.   Daftar Riwayat Hidup
  4.   Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir
  5.   Fotokopi SKCK
  6.   Fotokopi Surat Pengalaman Kerja

[sesuaikan dengan kebutuhan]

Besar harapan untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara detail mengenai kemampuan dan potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, saya sepenuhnya siap untuk bertanggung jawab. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[tulis nama kalian]

 

Banyak informasi untuk membantu Anda cara bikin resume lamaran kerja pertama Anda. Dalam cara membuat resume lamaran kerja fresh graduate ini Ingatlah untuk menggunakan alat digital yang Anda inginkan – kunci kesuksesan adalah menggunakannya dengan bijak dan fokus untuk menunjukkan keahlian Anda..

 

contoh resume jobstreet fresh graduate

Jobstreet adalah salah satu mesin pencari pekerjaan online terkemuka di dunia. Dengan lebih dari 50 juta pekerjaan dan terus bertambah, Jobstreet menghubungkan orang-orang dengan pekerjaan dari semua sektor dan peran di seluruh dunia. Situs ini memiliki beberapa fitur yang memudahkan dan mempercepat pengguna untuk menemukan pekerjaan atau peluang karir yang ideal. Baik Anda sedang mencari posisi profesional pertama Anda atau bersiap untuk perubahan karier, Jobstreet memiliki semua yang Anda butuhkan!

contoh resume lamaran kerja fresh graduate bahasa indonesia

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
HRD (Nama Perusahaan)
(Nama Perusahaan)
(Alamat Perusahaan)

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya mengajukan diri untuk bergabung ke (Lowongan Pekerjaan) di (Nama Perusahaan)
Berikut, data pribadi singkat saya:

  • Nama:……………………
  • Tempat, tgl. lahir: ………………
  • Pendidikan akhir: …………………
  • Alamat: …………………………………
  • Telepon (HP): ………………………
  • e-mail: ……………………………
  • Status perkawinan: (belum menikah/sudah nikah)

(Jelaskan kondisimu sekarang, keterampilan yang kamu punya dan jelaskan mengapa kamu layak untuk lowongan pekerjaan tersebut)

Sekarang ini kondisi jasmani maupun rohani sehat dan baik dan saya bisa baik dari berbicara dan menulis menggunakan Bahasa Inggris.
Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang saya miliki, saya yakin bisa melakukan pekerjaan yang terbaik, keahlian negosiasi dan marketing.
Saya juga bisa mengoperasikan software komputer, dari paket MS Office maupun software-software lainnya.

Berikut, beberapa lampiran yang saya miliki dan menjadi bahan pertimbangan:

  1. Daftar riwayat hidup/ Curriculum Vitae
  2. Sertifikat kursus/pelatihan.
  3. Ijasah S1 dan transkrip nilai.
  4. SKCK
  5. Pas foto terbaru.

Demikian surat lamaran ini maupun lampiran, saya memohon Bapak/Ibu untuk meluangkan waktu memberikan kesempatan kepada saya untuk wawancara. Agar saya bisa menjelaskan dari potensi saya yang miliki dan penjelasan lebih lengkapnya.

Hormat saya,

( ______________ )

 

contoh resume lamaran kerja pdf

Resume adalah dokumen penting yang Anda butuhkan jika Anda sedang mencari pekerjaan. Resume harus disusun dalam urutan kronologis dan harus menyoroti pengalaman dan keterampilan yang relevan yang Anda miliki. Penting juga untuk membuat resume Anda ditulis dengan baik dan memformatnya secara profesional.

contoh resume fresh graduate

[Tanggal dan tempat penulisan resume]

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

Bapak/Ibu Pimpinan

PT [Nama perusahaan]

Jl. [Alamat perusahaan]

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari [dari mana kalian mendapatkan informasi lowongan kerja ini] pada [sesuaikan tanggal dibukanya lowongan], dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai [posisi yang hendak dilamar] di PT [nama perusahaan]. Saya lulusan [jenjang lulus dan nama universitas atau kampus], tahun [tahun lulus] dengan IPK [sesuaikan IPK kalian].

Berikut data pribadi saya:

Nama:
Tempat Tanggal Lahir:
Pendidikan Terakhir:
Alamat:
Telepon/HP:
Status:

Saat ini saya dalam kondisi sehat, baik rohani maupun jasmani. Saya juga aktif dalam berorganisasi, memiliki kemampuan [sesuaikan kemampuan kalian] yang cukup baik, dan siap bekerja, baik itu secara mandiri maupun secara tim.

Berikut beberapa kelengkapan dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

  1.   Daftar Riwayat Hidup
  2.   Fotokopi Ijazah [pendidikan terakhir] dilegalisir
  3.   Fotokopi Transkrip Nilai
  4.   Fotokopi Sertifikat Pelatihan [sesuaikan]
  5.   Pas Foto ukuran [sesuaikan]
  6.   Fotokopi SKCK

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan wawancara oleh Bapak/Ibu. Atas perhatian dan pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[tulis nama]

 contoh resume lamaran kerja yang menarik

Ada banyak aspek yang dapat Anda fokuskan saat membuat resume Anda, tetapi yang paling penting adalah memastikan bahwa itu menunjukkan mengapa Anda sangat cocok untuk posisi tersebut. Beberapa hal penting yang perlu diingat meliputi: – Sesuaikan resume Anda secara khusus untuk setiap lowongan pekerjaan. Jangan hanya mendaftar semua pengalaman dan keterampilan Anda; sorot kualitas spesifik yang akan membantu Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.- Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas, sehingga pembaca tidak perlu banyak waktu atau usaha untuk memahami apa yang Anda katakan.- Simpan semua materi yang digunakan dalam resume Anda dicetak secara profesional di rumah atau menggunakan layanan online seperti Google Documents alih-alih mencetak dokumen secara terpisah. Ini akan menghemat waktu dan uang!

contoh resume lamaran kerja online

Apakah Anda mencari cara untuk meningkatkan peluang kerja Anda? Jika iya, lamaran kerja online mungkin bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Aplikasi pekerjaan online memungkinkan orang untuk melamar langsung ke pemberi kerja melalui situs web atau formulir online. Metode ini nyaman karena menghilangkan kebutuhan untuk mengirim surat dalam aplikasi atau mengantri di kantor. Selain itu, banyak perusahaan sekarang mengharuskan pelamar untuk mengirimkan resume mereka secara elektronik daripada mengirimkannya. Contoh resume dapat membantu Anda meningkatkan peluang Anda untuk dipilih untuk wawancara dan mendapatkan pekerjaan impian itu!

contoh resume kerja

Untuk membuat resume yang akan sukses di pasar kerja, Anda harus terlebih dahulu memahami jenis resume apa yang paling efektif. Ada tiga jenis utama resume: fungsional, kronologis dan ditargetkan. Resume fungsional menekankan keterampilan dan pengalaman daripada riwayat kerja atau pendidikan. Resume kronologis mencantumkan riwayat pekerjaan Anda dari yang terlama hingga yang terbaru alih-alih berfokus pada keterampilan atau pengalaman tertentu.

contoh cv fresh graduate smk

Jakarta, 4 Agustus 2021

[Sesuaikan tanggal dan tempat penulisan resume]

Perihal: Lamaran Kerja

Kepada Yth.,

HRD Manager PT [Nama Perusahaan]

Jl. [Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Berdasarkan Informasi dari [dari mana kalian mendapatkan informasi lowongan ini] bahwa pada tanggal 1 Agustus 2021 [sesuaikan tanggalnya], PT [nama perusahaan] membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai [sesuaikan posisi yang hendak kalian lamar] di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama:
Tempat dan Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Pendidikan Terakhir:
Alamat:
Telepon:
[Tambahkan informasi lain apabila diperlukan]

Saat ini saya dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani. Saya juga memiliki pengalaman di posisi tersebut [sesuaikan], memiliki kemampuan bahasa Inggris [sesuaikan bahasa asing atau kemampuan apa yang kalian kuasai] yang fasih, dan bisa bekerja, baik secara mandiri maupun secara tim.

Adapun berikut saya lampirkan kelengkapan data diri yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

  1.   Foto Ukuran 3 x 4
  2.   Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3.   Daftar Riwayat Hidup
  4.   Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir
  5.   Fotokopi SKCK
  6.   Fotokopi Surat Pengalaman Kerja

[sesuaikan dengan kebutuhan]

Besar harapan untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara detail mengenai kemampuan dan potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, saya sepenuhnya siap untuk bertanggung jawab. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[tulis nama kalian]

Check Also

Surat Permohonan Kerja ‪‬dan contohnya  - Surat Permohonan Kerja       dan contohnya - contoh Surat Permohonan Kerja

contoh Surat Permohonan Kerja

Surat Permohonan Kerja – Setelah lulus sekolah atau kuliah, maka selain memilih untuk melanjutkan ke pendidikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.