Pembuatan Lamaran Kerja ‪‬ tips cara pembuatan lamaran kerja ‪‬yang baik dan benar - Pembuatan Lamaran Kerja        - Tips Cara Pembuatan Lamaran Kerja ‪‬yang baik dan benar
Pembuatan Lamaran Kerja ‪‬

Tips Cara Pembuatan Lamaran Kerja ‪‬yang baik dan benar

tips Cara Pembuatan Lamaran Kerja ‪‬yang baik dan benar ‪‬- Saat Anda mencari pekerjaan, sudah pasti yang penting ketika melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran pekerjaan sebagai poin penting yang menentukan apakah Anda diterima kerja di lokasi yang Anda lamaran atau tidak diterima. Anda pasti harus mempromosikan diri Anda secara betul tanpa perlu dibuat-buat yang tentunya menjadi nilai lebih untuk perusahaan yang hendak menerima lamaran pekerjaan anda.

Anda pasti harus menulis surat lamaran kerja secara baik supaya peluang diterima di perusahaan yang Anda harapkan semakin besar. pembuatan lamaran kerja ini disebabkan begitu banyak orang yang membutuhkan pekerjaan akan tetapi perusahaan yang membuka lapangan kerja sedikit. Sehingga untuk masuk perusahaan yang Anda harapkan bisa jadi jadi sulit karena persaingan yang ketat. oleh karena itu anda perlu membuat surat lamaran pekerjaan agar bisa diterima.
cara pembuatan surat lamaran kerja
Biasanya pembuatan surat lamaran kerja untuk diajukan ke perusahaan manapun sama saja isinya. Tips Cara Pembuatan Lamaran Kerja ‪‬yang baik dan benar via email, langkah membuat surat lamaran kerja di bank, atau langkah membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan

Berikut beberapa langkah pembuatan lamaran kerja yang baik dan benar. Tulis beberapa poin berikut secara berurutan untuk membuat lamaran.:

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang dan gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
3. Alamat lengkap perusahaan pun tidak boleh dilewatkan.
4. Salam pembuka
5. Kata pengantar/pembukaan
Saat menuliskan kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, sertakan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka di perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat berita atau internet, atau rekan Anda.

Sebut status jabatan pekerjaan yang Anda lamaran bila dalam perusahaan itu memerlukan banyak pegawai baru.

6. Biodata pribadi

Tulis nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telpon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)

Bila Anda ingin menulis latar belakang pendidikan dalam surat lamaran kerja Anda, tulis saja latar belakang pendidikan paling tinggi Anda dalam lamaran tersebut.

7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Bila awalnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda awalnya. Bila belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis kemampuan Anda yang sekiranya diperlukan dalam perusahaan itu.

8. Penutup

Tulislah jika Anda memiliki keinginan besar supaya diterima di perusahaan itu. Jangan lupa ucapkan Terima kasih pada akhir lamaran pekerjaan anda.

9. Tambahan surat lamaran kerja

Supaya perusahaan yang Anda incar makin percaya untuk menerima Anda, lampirkan beberapa hal yang bisa menambah nilai Anda dalam surat lamaran anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai tambahan adalah:

Pas-foto (photo terbaru)
Foto copy KTP
Daftar riwayat hidup
Foto copy ijazah terakhir
Foto copy sertifikat kompetensi (pelatihan atau training yang sempat Anda ikuti)

10. Hormat saya, (Tanda-tangan dan nama lengkap Anda)

Sesudah Anda ketahui langkah membuat surat lamaran pekerjaan, Anda dapat melihat beberapa contoh surat lamaran pekerjaan berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut contoh-contoh surat lamaran kerja yang dapat dipelajari dan Anda jadikan referensi agar diterima.

Yth.
HRD Manager PT Berkas Jaya Grup
Jl. Malang Melintang No. 9, Bandung
di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi pemasaran yang saya dapatkan di surat kabar Harian Pos edisi 10 Januari 2022, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Staf Marketing di PT Berkas Jaya Grup.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama : Abdul Syukur Saputra
Jenis kelamin : Laki-laki
Tempat/tgl lahir : Sleman, 11 Maret 1992
Alamat : Jl. Caang Bulan No. 2, Bandung
Pendidikan : S1 Manajemen, Universitas Padjadjaran
Telepon/HP : 0812345678

Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 3 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

Curriculum Vitae
Foto ukuran 3 x 4
Fotokopi KTP
Daftar Riwayat Hidup
Fotokopi Ijazah terakhir
Fotokopi SKCK
Fotokopi surat pengalaman kerja
Sertifikat
Besar harapan saya untuk diterima atupun dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Abdul Syukur Saputra

Panduan Menulis Surat Lamaran Kerja

Itulah cara pembuatan lamaran kerja supaya peluang Anda diterima di perusahaan makin besar. Baca dengan baik syarat yang diperlukan dalam lowongan pekerjaan itu agar bisa diterima. Ini diperlukan supaya isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar konteks.
Tulislah surat lamaran kerja dalam kata yang disebut bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Gunakanlah kalimat yang mudah dimengerti, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
Tujuan surat harus jelas. Nama tujuan harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu halnya alamat perusahaan supaya besar kemungkinan anda diterima.
Sesudah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca satu kali lagi, pastikan tidak ada salah pengetikan. Memakai gaya bahasa yang benar dan baik, dan tidak ada kata yang sering diulangi.
Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan atau diketik, pastikan kertas yang Anda gunakan bersih. Tidak ada kotoran, sisa terlipat, sisa dihapus, sisa tip-ex, atau kotoran apa saja itu.
Bila Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda bisa dibaca. Hindari memakai tulisan tegak berlanjut. Alasi tangan Anda memakai tisu saat menulis supaya kertas tidak kotor atau tiba-tiba terlipat.
Itulah langkah membuat surat lamaran kerja yang gampang dan sudah pasti memiliki peluang besar untuk diterima pada perusahaan yang Anda harapkan. Mudah-mudahan berguna.

Check Also

Surat Permohonan Kerja ‪‬dan contohnya  - Surat Permohonan Kerja       dan contohnya - contoh Surat Permohonan Kerja

contoh Surat Permohonan Kerja

Surat Permohonan Kerja – Setelah lulus sekolah atau kuliah, maka selain memilih untuk melanjutkan ke pendidikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.