- buatsurat - Doa Bulan Rajab Sya’ban Dan Ramadhan

Doa Bulan Rajab Sya’ban Dan Ramadhan

Umat ​​Islam disarankan untuk berdoa selama bulan Syaban untuk menyambut gerbang Ramadhan. Menurut penanggalan, bulan Syaban jatuh pada hari Jumat, 4 Maret 2022.

Umat ​​Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Syaban yang memiliki banyak karakteristik. Salah satunya adalah Malam Nisef Syaban, malam pelaporan amal tahunan.

Keberkahan di Bulan Syaban

Untuk menyambut bulan Syaban, dianjurkan untuk membaca kitab suci dan berdoa memohon berkah, mendapatkan rezeki dan berkah, memperpanjang umur, dan memasuki bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah bacaan doa bulan syaban dalam bahasa latin dan artinya :

اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان وحصل مقاصدنا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya’bana, wa ballighna romadhona wa hashshil maqoshidana, bi rohmatika ya Arhamar Rohimin.

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadhan dan Syaban ini, sampaikan kepada kami di bulan Ramadhan, dan dengan rahmat-Mu, penuhi niat kami yang maha penyayang. Doa tersebut bersumber dari hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Doa tersebut bersumber dari hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ غَرَّاءُ وَيَوْمُهَا أَزْهَرُ

Dia berkata, dari Anas bin Malik; Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda ketika memasuki Ramadhan: “allahumma barik lana fi rajabi wa sya’ban wa barik lana fi Ramadhan (Ya Allah, di Rajab dan Sya’ban, berkahilah kami, berkahi kami di bulan Ramadhan)” Dia berkata: “Jumat malam itu mulia dan siangnya cerah.” (Ahmad 2228)

Hadits di atas tidak ada gunanya tetapi boleh dilakukan karena shalat tidak dilarang.

Doa-doa lain yang dapat dilakukan selama bulan Syaban adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahlilhu ‘alayna bil amni wal imani wassalamati wal islami, Robbi wa RobbukAllahu, hilala rusydin wa khoirin

“Ya Allah, berilah kami keselamatan di bulan ini dan penuhi hati kami dengan iman, dan juga semoga bulan ini aman dan memenuhi hati kami dengan Islam. Ya Tuhanku dan Tuhanmu Allah. Bulan petunjuk dan bulan yang penuh kebaikan.” (Sumber Daya Manusia. Turmudzi).

Sholat malam Nisfu Syaban

َ اللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ ﻋَﻠَﻴْﻚَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ يَا ذَا الطَّوْلِ وَالْإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الْخَائِفِيْنَ .

Latin: Allahumma Yaa dzal manni wala yumannu ‘alaika yaa dzal jalaali wal ikraam yaa dzal thauli wal an’aami laa ilaaha illaa anta dhahra lajiina wa jaarol mustajiiriina wama manal khaaifiin.

Artinya: “Allah, Tuhanku, Tuhan pemilik rahmat, tidak ada yang dapat memujamu. Ya Allah, pemilik keagungan dan kemuliaan. Allah, Tuhanku, pemilik kekayaan dan pemberi nikmat. Tidak ada yang bisa disembah. tapi kamu. Kamu adalah tempat untuk bersandar. Kamu adalah tempat perlindungan, tempat yang aman di dalam dirimu bagi mereka yang takut.

Check Also

doa sholat jenazah latin dan artinya, lengkapi prosedur yang benar agar berlaku - buatsurat - Doa Sholat Jenazah Latin dan artinya, lengkapi prosedur yang benar agar berlaku

Doa Sholat Jenazah Latin dan artinya, lengkapi prosedur yang benar agar berlaku

Dalam Islam, ketika seseorang meninggal, mereka harus segera dikuburkan. Namun, sebelum dimakamkan, jenazah harus dimandikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.